BAB I
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DI SEKOLAH DASAR
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui percobaan, diskusi, Tanya jawab dan penugasan siswa dapat:
- Membuat model ketapel dari alat dan bahan yang sesuai.
- Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan batu pada model ketapel dapat bergerak.
- Menjelaskan adanya hubungan antara gaya dan gerak pada benda.
- Memberi contoh alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak sehari-hari.
- Merancang dengan berbagai cara untuk membuat alat sederhana yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.
- MATERI AJAR (MATERI POKOK)
Membuat model jungkat jungkit
Membuat model ketapel
Membuat model traktor sederhana
- METODE PEMBELAJARAN
- Percobaan
- Diskusi
- Tanya jawab
- Pengamatan
- Penugasan
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Pendahuluan
- Guru bercerita tentang permainan sepak bola dan fenomena yang ada hubungannya dengan gaya dan gerak.
- Siswa diajak tanya jawab tentang hubungan antara gaya dan gerak. (contoh: Mengapa bola dapat bergerak cepat? Bagaimana batu pada ketapel dapat bergerak jauh? Adakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?)
- Beberapa siswa menjawab berdasarkan opini mereka (pengetahuan awal atau prakonsepsi siswa)
- Inti
- Dengan bimbingan guru siswa membuat model ketapel.
- Siswa melakukan percobaan untuk menyelidiki adanya hubungan antara gaya dan gerak pada ketapel atas bimbingan guru.
- Siswa menuliskan hasil pengamatan atas bimbingan guru.
- Siswa merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil percobaan atas bimbingan guru.
- Penutup
- Siswa diminta untuk mencermati hasil pengamatan dari percobaan yang telah dilakukan, untuk menjelaskan adanya gaya dan gerak.
- Siswa melakukan refleksi tentang makna pembelajaran bagi kehidupan sehari-hari.
- Siswa mengerjakan soal tes tertulis.
- Siswa diberi tugas secara individu untuk mengidentifikasi alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa diberi tugas membuat model alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.
- ALAT DAN SUMBER BAHAN
- Alat
- Ranting pohon berbentuk huruf Y
- Tali karet
- Kalep (potongan kulit bekas tas atau sepatu)
- Gunting
- Pisau
- Batu / kerikil
- Sumber Bahan
- Standar isi / silabus
- Buku teks Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI
- PENILAIAN HASIL BELAJAR
- Pengamatan (Proses Hasil Belajar)
- Tugas
- Mengidentifikasi alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
- Membuat model/ alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.
- Tes Tertulis
Soal tes tertulis
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
- Apa yang menyebabkan batu pada ketapel dapat bergerak?
- Apa yang akan terjadi apabila kerikil pada karet ketapel ditarik makin kuat?
- Mengapa batu pada karet ketapel meluncur dengan pelan?
- Adakah hubungan antara gaya dan gerak benda pada ketapel? Jelaskan!
- Sebutkan lima alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari!
- Penilaian
- Tertulis
Pedoman Penskoran
Jenis Soal | Jumlah Soal | Bobot | Skor Maksimal |
Uraian | 5 | 3 | 15 |
Kunci Jawaban:
- Apabila kerikil/ batu pada karet ketapel ditarik kemudian dilepaskan.
- Kerikil akan terlontar jauh.
- Karena tarikannya tidak kuat/ lemah.
- Ada. Makin kuat kita menarik kerikil pada karet ketapel, makin jauh kerikil akan terlontar.
- Panah, sepeda, jungkat-jungkit, mesin jahit injak, timba air.
- Kinerja
Dilakukan Guru selama mengamati seluruh kegiatan siswa, idealnya siswa diamati satu persatu, dan Guru mencatat hasil analisisnya untuk dimasukkan pada tabel berikut ini.
No. | Indikator | Sub Indikator (rincian kegiatan) | Bobot per indikator | Jumlah perolehan siswa | Ketuntasan 60% | Skor maksimal |
1. | Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. Memberikan contoh alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. | Kesungguhan menggunakan kepekaan segenap inderanya ketika mengamati. | 4 | 4 | ||
Ketepatan merangkai alat | 3 | 3 | ||||
Ketepatan hasil percobaan | 3 | 3 | ||||
Keaktifan dalam kelompok | 2 | 2 | ||||
Kerjasama dengan kelompoknya | 2 | 2 | ||||
Mengkomunikasikan hasil pengamatan | 4 | 4 | ||||
2. | Membuat model untuk membuktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak. | Ketepatan mencari alternatif alat dan bahan | 4 | 4 | ||
Ketepatan merangkai alat | 3 | 3 | ||||
Kerapian merangkai alat dan bahan | 2 | 2 | ||||
Kesesuaian alat dengan konsep yang dipelajari | 3 | 3 | ||||
SKOR YANG DIPEROLEH | 30 |
Mengetahui, Kepala Sekolah
| ………………………………
Guru |
BAB II
SKENARIO PEMBELAJARAN
GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No. | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru bercerita tentang Permainan Sepak Bola dan fenomena alam yang ada hubungannya dengan gaya dan gerak. | Siswa memperhatikan dan menyimak cerita dari guru | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru menanyakan kepada siswa mengapa bola dapat bergerak cepat? | Siswa menjawab dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu. Kemungkinan jawaban siswa: Karena ditendang. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru menunjukkan model ketapel. | Siswa memperhatikan model ketapel yang ditunjukkan oleh guru. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah sebagai berikut: "Bagaimana batu pada ketapel dapat bergerak jauh?" | Beberapa siswa menjawab/ beropini sesuai konsep awal yang telah dimilikinya. Misalnya: Karena karet ditarik, karena kayu ditarik | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru mengajak siswa untuk menguji opini siswa yang telah ditulis di papan tulis dengan cara membuat model ketapel. Sebelumnya guru sudah member tugas kepada siswa agar menyiapkan alat dan bahan dari rumah. Guru menjelaskan sambil menunjukkan alat dan bahan yang akan digunakan. | Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang apa yang harus dikerjakan dalam pembuatan model ketapel. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat model ketapel. | Siswa membagi diri menjadi beberapa kelompok. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa membuat model ketapel dari alat dan bahan yang sudah disiapkan, dirangkai menjadi bentuk seperti gambar berikut ini:
Guru memberikan bimbingan. Setelah pembuatan model ketapel selesai, siswa mencoba penggunaan ketapel atas bimbingan guru.
Diperlihatkan cara yang salah yaitu dengan menarik kayunya. Dengan mengacu pada percobaan guru dan siswa menyusun hasil pengamatan. Informasi: Gaya didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan. Tabel Hasil Pengamatan
Hasil pengamatan: Karet ketapel ditarik sampai kuat, batu terlempar paling jauh. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dengan mengacu pada hasil pengamatan, guru dan siswa berdiskusi untuk merumuskan kesimpulan. Dalam diskusi ini akan terjadi konf.irmasi antara guru dan siswa tentang perbedaan tarikan karet yang lemah dan yang kuat. Kesimpulan:
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru dan siswa berdiskusi berdasarkan percobaan dan hasil pengamatan, untuk mengoreksi opini siswa. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10. | Guru melakukan pemantapan dengan menggali penguasaan siswa, misalnya: jika kita ingin menjatuhkan buah yang ada di pohon dengan menggunakan ketapel, apa yang harus kita lakukan? | Siswa menjawab sesuai penguasaan konsep yang telah dimiliki. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil penerapan yang benar: Karet dibuat lebih lentur dan panjang, kerikil diganti yang lebih besar, dan tarikan karet lebih kuat. Dengan demikian kerikil yang lebih besar tadi dapat terlempar jauh. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru memberi tugas rumah
| Siswa menulis tugas di buku PR untuk dikerjakan di rumah. |
BAB III
KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
- KEGIATAN EKSPLORASI
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan, siswa menjawab berdasarkan opini mereka (pengetahuan awal/ prakonsepsi siswa)
- Dengan bimbingan guru siswa membuat model ketapel dan mencobanya (menguji penggunaannya)
- Dengan bimbingan guru siswa melakukan pengamatan
- KEGIATAN ELABORASI
- Siswa menuliskan hasil pengamatan atas bimbingan guru.
- Berdasarkan hasil percobaan dan hasil pengamatan, siswa merumuskan kesimpulan atas bimbingan guru.
- KEGIATAN KONFIRMASI
- Siswa diminta untuk membandingkan dari hasil percobaan dan pengamatan untuk menjelaskan adanya hubungan antara gaya dan gerak benda.
- Siswa melakukan refleksi tentang makna pembelajaran bagi kehidupan sehari-hari dan kemanfaatannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar