Rabu, 15 September 2010

RPP IPA Kelas VI Sem 2 Perpindahan Energi

BAB I

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

DI SEKOLAH DASAR


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Melalui percobaan, diskusi, Tanya jawab dan penugasan siswa dapat:

    1. Membuat model ketapel dari alat dan bahan yang sesuai.
    2. Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan batu pada model ketapel dapat bergerak.
    3. Menjelaskan adanya hubungan antara gaya dan gerak pada benda.
    4. Memberi contoh alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak sehari-hari.
    5. Merancang dengan berbagai cara untuk membuat alat sederhana yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.


  2. MATERI AJAR (MATERI POKOK)

    Membuat model jungkat jungkit

    Membuat model ketapel

    Membuat model traktor sederhana



  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Percobaan
    2. Diskusi
    3. Tanya jawab
    4. Pengamatan
    5. Penugasan


  2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Pendahuluan
      1. Guru bercerita tentang permainan sepak bola dan fenomena yang ada hubungannya dengan gaya dan gerak.
      2. Siswa diajak tanya jawab tentang hubungan antara gaya dan gerak. (contoh: Mengapa bola dapat bergerak cepat? Bagaimana batu pada ketapel dapat bergerak jauh? Adakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?)
      3. Beberapa siswa menjawab berdasarkan opini mereka (pengetahuan awal atau prakonsepsi siswa)
    2. Inti
      1. Dengan bimbingan guru siswa membuat model ketapel.
      2. Siswa melakukan percobaan untuk menyelidiki adanya hubungan antara gaya dan gerak pada ketapel atas bimbingan guru.
      3. Siswa menuliskan hasil pengamatan atas bimbingan guru.
      4. Siswa merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil percobaan atas bimbingan guru.
    3. Penutup
      1. Siswa diminta untuk mencermati hasil pengamatan dari percobaan yang telah dilakukan, untuk menjelaskan adanya gaya dan gerak.
      2. Siswa melakukan refleksi tentang makna pembelajaran bagi kehidupan sehari-hari.
      3. Siswa mengerjakan soal tes tertulis.
      4. Siswa diberi tugas secara individu untuk mengidentifikasi alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
      5. Siswa diberi tugas membuat model alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.


  3. ALAT DAN SUMBER BAHAN
    1. Alat
      1. Ranting pohon berbentuk huruf Y
      2. Tali karet
      3. Kalep (potongan kulit bekas tas atau sepatu)
      4. Gunting
      5. Pisau
      6. Batu / kerikil
    2. Sumber Bahan
      1. Standar isi / silabus
      2. Buku teks Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI


  4. PENILAIAN HASIL BELAJAR
    1. Pengamatan (Proses Hasil Belajar)
    2. Tugas
      1. Mengidentifikasi alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
      2. Membuat model/ alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.
    3. Tes Tertulis


      Soal tes tertulis

      Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

      1. Apa yang menyebabkan batu pada ketapel dapat bergerak?
      2. Apa yang akan terjadi apabila kerikil pada karet ketapel ditarik makin kuat?
      3. Mengapa batu pada karet ketapel meluncur dengan pelan?
      4. Adakah hubungan antara gaya dan gerak benda pada ketapel? Jelaskan!
      5. Sebutkan lima alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari!
    4. Penilaian
      1. Tertulis

        Pedoman Penskoran

Jenis Soal

Jumlah Soal

Bobot

Skor Maksimal

Uraian

5

3

15


Kunci Jawaban:

  1. Apabila kerikil/ batu pada karet ketapel ditarik kemudian dilepaskan.
  2. Kerikil akan terlontar jauh.
  3. Karena tarikannya tidak kuat/ lemah.
  4. Ada. Makin kuat kita menarik kerikil pada karet ketapel, makin jauh kerikil akan terlontar.
  5. Panah, sepeda, jungkat-jungkit, mesin jahit injak, timba air.
  1. Kinerja

    Dilakukan Guru selama mengamati seluruh kegiatan siswa, idealnya siswa diamati satu persatu, dan Guru mencatat hasil analisisnya untuk dimasukkan pada tabel berikut ini.


No.

Indikator

Sub Indikator

(rincian kegiatan)

Bobot per indikator

Jumlah perolehan siswa

Ketuntasan 60%

Skor maksimal

1.

Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda

Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak.

Memberikan contoh alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Kesungguhan menggunakan kepekaan segenap inderanya ketika mengamati.

4

4

Ketepatan merangkai alat

3

3

Ketepatan hasil percobaan

3

3

Keaktifan dalam kelompok

2

2

Kerjasama dengan kelompoknya

2

2

Mengkomunikasikan hasil pengamatan

4

4

2.

Membuat model untuk membuktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak.

Ketepatan mencari alternatif alat dan bahan

4

4

Ketepatan merangkai alat

3

3

Kerapian merangkai alat dan bahan

2

2

Kesesuaian alat dengan konsep yang dipelajari

3

3

SKOR YANG DIPEROLEH

30



Mengetahui,

Kepala Sekolah






………………………………


Guru



BAB II

SKENARIO PEMBELAJARAN



GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Guru bercerita tentang Permainan Sepak Bola dan fenomena alam yang ada hubungannya dengan gaya dan gerak.

Siswa memperhatikan dan menyimak cerita dari guru

Guru menanyakan kepada siswa mengapa bola dapat bergerak cepat?

Siswa menjawab dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu.

Kemungkinan jawaban siswa: Karena ditendang.

Guru menunjukkan model ketapel.

Siswa memperhatikan model ketapel yang ditunjukkan oleh guru.

Guru mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah sebagai berikut:

"Bagaimana batu pada ketapel dapat bergerak jauh?"

Beberapa siswa menjawab/ beropini sesuai konsep awal yang telah dimilikinya.

Misalnya:

Karena karet ditarik, karena kayu ditarik

Guru mengajak siswa untuk menguji opini siswa yang telah ditulis di papan tulis dengan cara membuat model ketapel. Sebelumnya guru sudah member tugas kepada siswa agar menyiapkan alat dan bahan dari rumah.

Guru menjelaskan sambil menunjukkan alat dan bahan yang akan digunakan.

Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang apa yang harus dikerjakan dalam pembuatan model ketapel.

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat model ketapel.

Siswa membagi diri menjadi beberapa kelompok.

Siswa membuat model ketapel dari alat dan bahan yang sudah disiapkan, dirangkai menjadi bentuk seperti gambar berikut ini:








Guru memberikan bimbingan.

Setelah pembuatan model ketapel selesai, siswa mencoba penggunaan ketapel atas bimbingan guru.











Diperlihatkan cara yang salah yaitu dengan menarik kayunya.

Dengan mengacu pada percobaan guru dan siswa menyusun hasil pengamatan.

Informasi: Gaya didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan.

Tabel Hasil Pengamatan

No.

Tarikan Karet

Jarak batu yang terlempar

Dekat

Agak jauh

Jauh

Lebih jauh

1.

Lemah

2.

Agak kuat

3.

Kuat

4.

Sangat kuat

Hasil pengamatan:

Karet ketapel ditarik sampai kuat, batu terlempar paling jauh.

Dengan mengacu pada hasil pengamatan, guru dan siswa berdiskusi untuk merumuskan kesimpulan. Dalam diskusi ini akan terjadi konf.irmasi antara guru dan siswa tentang perbedaan tarikan karet yang lemah dan yang kuat.

Kesimpulan:

  • Semakin kuat kita menarik karet ketapel, makin jauh batu terlempar
  • Semakin lemah kita menarik karet ketapel, makin dekat batu terlempar
  • Besarnya gaya mempengaruhi gerak benda.

Guru dan siswa berdiskusi berdasarkan percobaan dan hasil pengamatan, untuk mengoreksi opini siswa.

10.

Guru melakukan pemantapan dengan menggali penguasaan siswa, misalnya: jika kita ingin menjatuhkan buah yang ada di pohon dengan menggunakan ketapel, apa yang harus kita lakukan?

Siswa menjawab sesuai penguasaan konsep yang telah dimiliki.

Hasil penerapan yang benar:

Karet dibuat lebih lentur dan panjang, kerikil diganti yang lebih besar, dan tarikan karet lebih kuat. Dengan demikian kerikil yang lebih besar tadi dapat terlempar jauh.

Guru memberi tugas rumah

  • Siswa diminta untuk mengidentifikasi alat-alat yang memanfaatkan prinsip gaya dan gerak.
  • Siswa merancang model alat sederhana, jungkat-jungkit. (guru memberikan penjelasan)

Siswa menulis tugas di buku PR untuk dikerjakan di rumah.





BAB III

KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN



  1. KEGIATAN EKSPLORASI
  • Guru mengajukan beberapa pertanyaan, siswa menjawab berdasarkan opini mereka (pengetahuan awal/ prakonsepsi siswa)
  • Dengan bimbingan guru siswa membuat model ketapel dan mencobanya (menguji penggunaannya)
  • Dengan bimbingan guru siswa melakukan pengamatan


  1. KEGIATAN ELABORASI
  • Siswa menuliskan hasil pengamatan atas bimbingan guru.
  • Berdasarkan hasil percobaan dan hasil pengamatan, siswa merumuskan kesimpulan atas bimbingan guru.

  1. KEGIATAN KONFIRMASI
  • Siswa diminta untuk membandingkan dari hasil percobaan dan pengamatan untuk menjelaskan adanya hubungan antara gaya dan gerak benda.
  • Siswa melakukan refleksi tentang makna pembelajaran bagi kehidupan sehari-hari dan kemanfaatannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar