BAB I
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika Kelas : IV (Empat) Semester : 2 (Dua) Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran, 3x pertemuan@ 2 x 35 menit (RPP Pertemuan 1 dari 3x pertemuan) |
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah Kompetensi Dasar : 6.3. Menjumlah pecahan Indikator Pencapaian Kompetensi :
|
- Tujuan Pembelajaran
- Dengan tanya jawab dan demonstrasi siswa dapat menjelaskan konsep pecahan dengan benar.
- Dengan demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas siswa dapat menjumlahkan 2 pecahan berpenyebut sama dengan tepat.
- Dengan tanya jawab dan pemberian tugas siswa dapat menarapkan konsep penjumlahan pecahan berpenyebut sama dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.
- Materi Ajar/Materi Pokok
Pertemuan I : Penjumlahan pecahan berpenyebut sama
Pertemuan II : Penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, penyebut yang satu merupakan kelipatan dari penyebut yang lain
Pertemuan III : Pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan (soal cerita)
- Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : CTL (Contextual Teaching Learning) dan PAKEM
- Metode : Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi, dan Pemberian Tugas
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Menyanyikan lagu "Paman Datang"
- Mengulang kembali konsep pecahan , , , , , dan sebagainya
- Menyampaikan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan, misalnya: Paman mempunyai sebuah semangka dibagikan kepada 4 anak tetangganya. Setiap anak menerima sama banyak. Berapa bagian tiap anak? Jika bagian 2 anak dijadikan satu (dijumlah), berapa bagiannya?
- Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan penjumlahan pecahan 2 pecahan berpenyebut sama dibantu dengan peraga juring-juring lingkaran.
- Secara berkelompok siswa menyelesaikan lembar kerja.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menempelkan pada papan yang telah disediakan.
- Setiap kelompok mencermati hasil kerja kelompok lain dan membandingkan dengan hasil kerja kelompoknya.
- Guru memberi komentar hasil kerja setiap kelompok dengan memberi penghargaan bagi kelompok yang mengerjakan dengan benar dan meminta membetulkan bagi kelompok yang mengerjakan salah dengan mencermati hasil kerja kelompok yang mengerjakan benar.
- Menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
- Mencocokkan kesimpulan yang telah diperoleh dengan buku sumber.
- Siswa mengerjakan lembar evaluasi secara individual
- Mengoreksi lembar kerja yang telah dikerjakan siswa dan menganalisanya.
- Kegiatan Penutup
- Siswa diminta merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa agar belajar lebih rajin termasuk penjumlahan pecahan karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberikan tindak lanjut berupa PR.
- Penilaian
- Penilaian Proses
Mengamati kegiatan setiap siswa dalam pembelajaran baik dalam diskusi kelompok, diskusi kelas maupun kerja individu, pengamatan menggunakan instrumen berikut:
LEMBAR PENGAMATAN
No | Nama Siswa | Aspek yang Diamati | Keterangan | |||
Kerjasama | Inisiatif | Ketelitian | ||||
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk
Bacalah dengan cermat!
Diskusikan dengan kelompok belajarmu!
Kerjakan seperti contoh!
No | Gambar dan Lambangnya |
| |
1. |
|
2. |
|
3. |
|
4. |
|
5. |
|
- Penilaian Hasil Belajar
Menilai lembar evaluasi dan PR yang telah dikerjakan siswa.
Lembar evaluasi sebagai berikut:
LEMBAR EVALUASI
- Contoh : + = …..
+ = =
Kerjakan seperti contoh!
- + = = …..
- + = = …..
- + = = …..
- + = = …..
- + = = …..
- Kerjakan dengan menuliskan langkah-langkahnya!
- Anita mempunyai pita meter. Yulia mempunyai pita 1/3 meter. Berapa meter panjang pita kedua anak tersebut?
- Jarak rumah Doni ke rumah Ervan km. Jarak rumah Ervan ke sekolah km. Berapa km jarak rumah Doni ke sekolah jika melewati rumah Ervan?
SOAL-SOAL PR
- Contoh:
+ = =
Kerjakan seperti contoh diatas!
- + = …..
- + = …..
- + = …..
- + = …..
- + = …..
- Contoh:
Adi mempunyai kelereng ¼ lusin. Adi dibelikan kelereng oleh ibu ¼ lusin.
Berapa lusin kelereng Adi seluruhnya?
Jawab: + = =
Jadi, kelereng Adi seluruhnya ada lusin
Kerjakan seperti contoh!
- Ibu masih mempunyai minyak goreng ¼ liter. Ibu membeli minyak goreng ¾ liter. Berapa liter minyak goreng ibu seluruhnya?
Jawab:
- Hasil panen kedelai Pak Karya tahun lalu ada ton. Panen kedelai tahun ini ada ton. Berapa ton hasil panen kedelai Pak Karya selama 2 tahun?
Jawab:
- Alat dan Sumber Bahan
- Alat:
- Peraga penjumlahan pecahan (kain planel dan juring-juring lingkaran)
- LKS, Lembar Evaluasi dan lembar soal PR
- Sumber Bahan :
- KTSP (Kurikulum SD ….)
- Buku Matematika SD Kelas IV yang relevan
Yogyakarta, …………………… | ||
Mengetahui Kepala Sekolah | Guru Kelas IV | |
| ||
______________________ | ______________________ |
Bagus, mohon ijin cuplik ya
BalasHapus